Ego

egoisme adalah sebuah paham yang mementingkan kepentingan diri sendiri, dan sering dijuluki orang egois...

Egois terbagi dari beberapa kelompok, seperti ego diri, ego kelompok, ego keluarga, ego kampung, ego suku, ego bangsa, ego semesta (menurut guru yg pernah mengajariku).
apa yang salah dari sifat yang kadang membuat banyak orang jengkel karenanya?
Sebenarnya tidaK ada yang salah dari sifat ini ketika bisa ditempatkan pada tempatnya. seperti ego terhadap sebuah kebenaran atau yang disebut ego semesta. jika memang kita benar, kita harus egois untuk memperjuangkan itu. tetapi ini sering menjadi sebuah hal dilematis karena kadang ada orang yang menganggap yang dilakukannya benar dengan berbagai macam alasan-alasan pembenaran, padahal dia belum tentu benar. oleh karena itu seharusnya setiap orang harus mampu menilai secara objektif.

Karena Ego banyak orang bersahabat menjadi bermusuhan, karena ego banyak orang yang sedang hangat menjalani hubungan mesrah harus berpisah, hanya karena pertarungan ego tersebut, karena ego banyak orang yang harus menderita perang antar kelompok atau kampung.
ego akan membawa banyak masalah jika terus dipelihara dalam diri. Memang susah dan berat untuk sedikit menundukkan sifat ini, tapi pasti bisa. dengan banyak-banyak sabar dan mengelus dada serta bersikap objektif terhadap semua kondisi yang ada.
Sifat ini pulalah yang banyak dimiliki oleh orang2 di bangsa ini yang kemudian melahirkan beberapa hal seperti yang akrab dikenal dengan istilah KKN, Korupsi, Kolusi, Nepotisme. Korupsi adalah mengambil sesuatu yang sebenarnya bukan haknya, itu karena ego dirinya yang terlalu besar dan hanya mementingkan perutnya sendiri, begitupun dengan Kolusi atau Nepotisme yang mementingkan kepentingan kelompok atau keluarganya, Sehingga ada yang kadang mengatakan hahwa Nepotisme itu singkatan dari (Nenek, Eang, Ponakan, Om, Tante, Istri, Suami, Mertua, mEnantu).
sifat ini harus sebisa mungkin kita kontrol, tidak masalah egois jika egois terhadap hal-hal yang benar dan demi kepentingan semua, tapi jangan egois karena kepentingan diri sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar