Sanggara atau Pisang Goreng


sanggara atau pisang goreng adalah sebuah makanan yang terbuat dari pisang yang digoreng. kenikmatan makan sanggara akan sangat terasa jika dimakan dipagi hari apalagi jika kolaborasi dengan kopi hitam. makanan ini sudah sangat lazim dikalangan masyarakat, selain mudah, murah, dan bahan-bahannya mudah didapatkan, nilai gizi dan vitaminnya juga tinggi, seperti vitamin A, dan berbagai vitamin B seperti thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6 dan asam folat, juga mengandung vitamin C. Selain itu terdiri dari mineral mulai dari kalsium, magnesium, kalium, fosfor, mangan dan zat besi.  
namun seiring berjalannya waktu dan maraknya issu modernisme, membuat sanggara harus bekerja extra untuk mempertahankan eksistensinya dan bertarung habis-habisan dengan makanan elite seperti hambur-ger, kaefsi, mekdanol, dansebagainya. 
ditambah lagi kecenderungan beberapa masyarakat yang mulai gengsi dan takut dikatakan kampungan sehingga sanggara kurang dilirik lagi. padahal senarnya sanggara lebih enak daripada hambur-ger, kaefsi, mekdi, dansejenisnya itu. 
Hanya karena persoalan trend sebenarnya, dan pengaruh media yang membesar-besarkan sehingga masyarakat akan lebih bangga jika makan makanan seperti itu.
kembali kepersoalan sanggara, sanggara mempunyai banyak jenis, yang saya ketahui, seperti sanggara peppe, dampo, poca-poca, dadar, dan lain-lain. apalagi sekarang, sudah mulai muncul variasi-variasi baru seperti sanggara cokelat, keju, sanggara madu, dll.
sejarah sanggara atau sejarah pisang goreng saya juga tidak ketahui dengan pasti, tapi yang saya tau bahwa sebelum saya lahir sanggara itu sudah ada di muka bumi ini. dan saya pun sangat berharap agar kiranya sanggara bisa terus eksist, jangan sampai tergeser dan punah karena makanan dari luar yang tidak jelas itu. acc

3 komentar:

  1. sukajaa sanggara lebihlebih bakara..
    apalagi klo gorengan.y Tia Pondokan

    :)

    BalasHapus
  2. jenisx mmg sdh beda, kaefsi ya kaefsi, hambur-ger ya hambur-ger, pisang ya pisang. Pisang bukan hamburger, hamburger juga bukan pisang. lain halnya ketika si kaefsi atau mekdonal menjual sanggara.
    Hehehe

    BalasHapus
  3. Sanngara bambang, di pasiamba' kaluru surya... Nyamanna...
    heeeheeee

    BalasHapus